Menu Click to open Menus
Home » Berita Utama » Launching ‘Sejarah Tambakberas’, Validitas Buku Terjamin

Launching ‘Sejarah Tambakberas’, Validitas Buku Terjamin

(116 Views) August 18, 2017 9:34 am | Published by | No comment

NU Jombang Online,
Berangkat dari keprihatinan di dunia literasi, Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, Jombang, Jawa Timur akhirnya sukses me-launching sebuah buku dengan judul ‘Sejarah Tambakberas’.

Buku ini berisikan banyak hal, termasuk hal-hal yang selama ini belum diketahui mayoritas publik, baik sisi kesejarahan Pondok Pesantren Bahrul Ulum, peran sejumlah tokoh Tambakberas saat merintis pesantren, perjuangan dalam membentuk organisasi NU serta sisi-sisi yang lain.

H. Azam Khoiruman, salah satu tim dalam buku ini memaparkan, kehadiran buku ini tentu menjadi bahan bacaan dan referensi yang dirasa cukup lengkap untuk mengetahui sejarah di Tambakberas.

Tak bisa dipungkiri, kata pria yang kerab disapa Gus Heru ini, penggalian kesejarahan Tambakberas, terlebih sejarah kepesantrenannya memang masih menarik diungkap ke permukaan melalui dunia literasi, lantaran diakui sebagai pesantren tertua di Kota Santri ini.

“Kami (Tim Sejarah Tambakberas) dan para masyayikh prihatin atas tidak banyaknya tulisan tentang sejarah Pesantren Tambakberas. Pesantren ini adalah salah satu yang tertua di Indonesia. Kalaupun ada banyak yang beredar tulisan-tulisan tentang sejarah Tambakberas, itu pun sumbernya dirasa kurang begitu valid,” katanya, Kamis (17/8/2017).

Meski begitu, Gus Heru menambahkan, sisi kesejarahan di Tambakberas ini penting untuk terus digali temasuk oleh berbagai elemen masyarakat. Hal ini juga akan membantu untuk lebih menyempurnakan sejumlah tulisan yang telah dipaparkan sebagaimana di buku ‘Sejarah Tambakberas’.

“Akhirnya dengan kerendahan hati, semoga buku ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Tentunya buku ini masih banyak kekurangan dan insyaallah nantinya semoga ada edisi revisi ke depannya demi menyempurnakan kekurangan-kekurangan tersebut,” ujarnya.

Dengan berkembangnya semua unit yang berada di Tambakberas, imbuh Gus Heru, ada potensi semakin lengkapnya buku-buku yang mengcover tulisan terkait Tambakberas dari berbagai sisi.

Kegiatan launching buku ‘Sejarah Tambakberas’ ini berlangsung di Gedung Serbaguna KH. Hasbullah Said, Kamis (17/8/2017) menyusul gelaran Istighotsah Kemerdekaan pada kesempatan yang sama.

Hadir dalam kesempatan ini para pengasuh beserta seluruh tenaga pendidik dan karyawan lembaga yang berada di bawah naungan Yayasan Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas.

Penting diketahui, Tim Sejarah Tambakberas sendiri terdiri dari 8 orang yang mewakili dari 4 bani di Pesantren Tambakberas, yakni Gus Heru, KH. Kholid Mas’ud, Agus H. Ainur Rofiq Al Amin, Agus H. Syifa’ Malik, Agus H. Wafiyul Ahdi, Hj. Nidaus Sa’adah, Agus Abdul Jabbar Hubbi dan Hj. Bashirotul Hidayah. (Syamsul Arifin)

Categorised in:

Comment Closed: Launching ‘Sejarah Tambakberas’, Validitas Buku Terjamin

Sorry, comment are closed for this post.