Konjen AS Kunjungi Darul Ulum

Konjen AS Kunjungi Darul Ulum

Jombang, NU Jombang Online
Untuk kali kedua, Konjen Amerika Serikat hadir di salah satu pesantren legendaris ini. Disamping buka bersama, juga menyerahkan bantuan untuk fakir miskin.

Islamic Center Pondok Pesantren Darul Ulum (PPDU) Peterongan Jombang Jawa Timur terlihat semarak. Sejumlah mahasiswa Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) sore itu tengah mempunyai gawe besar yakni buka puasa bersama Konjen Amerika Serikat di Surabaya, Joaquin Monserrate serta ratusan anak yatim piatu.

Saat memberikan sambutan atas nama tuan rumah, Pengasuh PPDU tidak bisa menyembunyikan kebangaan atas perhatian dan kehadiran Konjen Amerika Serikat di Surabaya ini. “Ini adalah kunjungan kali kedua,” kata Drs KH M Zaimuddin Wijaya As’ad, MS (24/7).

BagiGus Zu’em, sapaan kesehariannya, kunjungan pertama beberapa bulan lalu ternyata menyisakan cinta untuk kembali lagi ke PPDU. “Rupanya Mister Joaquin Monserrate jatuh cinta saat kunjungan pertamanya, sehingga berkenan datang kembali,” katanya disambut tepuk tangan ratusan mahasiswa dan anak yatim yang memadati ruangan.

Pimpinan pesantren dan kampus Unipdu ini menandaskan bahwa tidak ada yang salah dari kegiatan buka bersama ini. “Bahkan di Amerika Serikat, kegiatan buka bersama dengan para pemuka agama telah menjadi kegiatan rutin,” terangnya.

Juaquin Monserrate pada sambutanya mengucapkan terimakasih atas sambutan yang diberikan. Ia juga menandaskan bahwa di Amerika Serikat ada sekitar tujuh juta warga muslim yang menjalankan ibadah puasa dengan khidmat.

“Ada sekitar tujuh juta kaum muslimin di Amerika Serikat yang juga menjalankan puasa dan tentu saja saat akan berbuka mereka mempersiapkan diri seperti kita kali ini,” tandasnya.
Bagi Juaquin, ada nuanasa berbeda saat ia melakukan kunjungan ke pesantren. “Saya merasa bangga berada di sini,” katanya disamput aplaus hadirin.

Ia bersama pemerintah Amerika Serikat akan terus menjalin komunikasi dan silaturahim secara baik dengan masyarakat muslim. Bahkan sebagai wujud komitmen tersebut, pada Syawal nanti akan menyediakan kediamannya untuk open hause dan berhalal bi halal. “Silahkan datang ke rumah saya untuk berhalal bi halal,” tantangnya.

Acara dilanjutkan pemberian souvenir pesantren dan kampus UNIPDU kepada Konjen Amerika Serikat. Dr HM Zulfikar As’ad MMR atas nama pesantren dan pimpinan kampus memberikan langsung dengan disaksikan hadirin.

Usai shalat Magrib, Joaquin Monserrate dan pimpinan pesantren berkesempatan memberikan santunan kepada puluhan panti asuhan di sekitar pesantren yang sore itu juga diundang. Keceriaan tampak terlihat dari muka anak-anak yang kurang beruntung ini.

Kehadiran Konjen Amerika Serikat di Surabaya ke pesantren ini sebagai mata rangkai kegiatan Gebyar Ramadhan UNIPDU. Selain itu ada kegiatan lomba fashion show, salesmensip, interpreneurship, bazar dan pasar Ramadhan, lomba adzan, tartil al-Qur’an serta dipungkasi berbuka puasa bersama anak yatin piatu dan pesta kembang api setelah shalat tarawih berjamaah.(s@if)

Categories: Berita Utama

About Author

Write a Comment

Only registered users can comment.