Menu Click to open Menus
Home » Berita Utama » Jumlah Donatur Stagnan, LAZIS-NU Masih Distribusi

Jumlah Donatur Stagnan, LAZIS-NU Masih Distribusi

(87 Views) August 2, 2010 9:03 am | Published by | No comment

Jombang, NU Jombang Online
Setelah satu bulan yang lalu LAZIS-NU Jombang mengadakan kegiatan distribusi bagi mustahiq produktif, pada hari Rabu (28/07) LAZIS-NU Jombang kembali melakukan distribusi bagi mustahiq produktif (penerima dana zakat dan sodaqoh untuk modal usaha). Distribusi kali ini dilakukan bagi mustahiq produktif di desa Denanyar Jombang. LAZIS-NU Jombang dalam distribusi di Denanyar ini bekerjasama dengan Pengurus Muslimat Ranting Denanyar, yang sejak dua minggu sebelumnya sudah membicarakan dengan Pengurus LAZIS-NU tentang apa dan bagaimana memanfaatkan dana zakat dan shodaqoh yang dikelola oleh LAZIS-NU.

Kegiatan distribusi diselenggarakan di aula rumah ibu Lilik Faruq Denanyar Jombang, bersamaan dengan kegiatan pengajian rutin Rabu Pahing yang diselenggarakan Muslimat Ranting Denanyar. Karena bersamaan dengan kegiatan pengajian rutin, maka yang menghadiri kegiatan distribusi ini lebih dari 200 orang, sehingga kelihatan cukup semarak.

Dalam sambutannya, pengurus LAZIS-NU Jombang yang di wakili oleh sekretaris pengurus, Muslimin Abdilla, menjelaskan tentang keberadaan LAZIS-NU Jombang dan kegiatan yang telah dilakukan. “Setelah selama hampir dua tahun LAZIS-NU Jombang melakukan distribusi dengan memberikan kebutuhan konsumtif, maka sejak tahun lalu LAZIS-NU Jombang memutuskan hanya memberikan untuk kebutuhan produktif atau modal usaha. Hal ini karena manfaat yang diperoleh lebih banyak dengan memberikan untuk kebutuhan produktif daripada kebutuhan konsumtif” tutur Cak Mus di depan pengurus dan anggota Muslimat Denanyar.

Selanjutnya dia juga menambahkan dalam sambutannya: “Meskipun donatur LAZIS-NU sejak hampir tiga tahun yang lalu tidak pernah bertambah (stagnan), bahkan sangat berkurang, tetapi LAZIS-NU Jombang tetap bisa melakukan distribusi dana untuk modal usaha. Karena manajemen LAZIS-NU Jombang berusaha dengan sekuat tenaga untuk bisa memanfaatkan sejumlah dana yang diperoleh meskipun tidak banyak”. Selama hampir satu tahun ini, LAZIS-NU Jombang memang hanya memgandalkan dana infaq rutin dari guru-guru dan pegawai MTSN Tambakberas dan MAN Tambakberas Jombang.

Dalam distribusi yang juga dihadiri oleh ibu Nyai Lilik faruq dan Ibu Nyai Hanik Arifin Khan ini, LAZIS-NU menyalurkan tiga juta rupiah untuk modal usaha bagi enam orang mustahiq. Dana yang disalurkan akan digunakan untuk tambahan modal bagi usaha-usaha yang dilakukan oleh anggota Muslimat dan anggota masyarakat lainnya. “Dana ini merupakan langkah awal, jika nanti bisa berjalan baik, maka LAZIS-NU akan melanjutkan kerjasama dengan Muslimat Denanyar” kata H. Anshori Anwar, ketua LAZIS-NU Jombang, ketika menyerahkan dana tersebut kepada ketua Muslimat denanyar, Mas’aroh.  (mus-ab)

Categorised in:

No comment for Jumlah Donatur Stagnan, LAZIS-NU Masih Distribusi

Leave a Reply