Jasa Hair Extension

Jasa Hair Extension

Deskripsi Masalah

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa sebagian salon-salon kecantikan di Indonesia termasuk di Jombang, membuka jasa yaitu hair extension yang cukup diminati oleh kalangan hawa untuk menambah menarik penampilan mereka. Hair extension yaitu penyambungan rambut pelanggan dengan rambut yang telah disediakan oleh pihak salon dengan menggunakan lem atau ring yang telah disiapkan secara khusus sehingga rambut pelanggan terlihat lebih panjang sesuai dengan mode yang diinginkan.

Pertanyaan:

Bolehkah jasa penyambungan rambut tersebut dilakukan?

(As’ilah dari MWC Jombang)

Jawaban

Penyambungan rambut dengan menggunakan rambut asli (rambut manusia) tidak diperbolehkan, oleh karena itu jasa penyambuangan rambut juga tidak diperbolehkan, karena hal itu menyebabkan terjadinya maksiat.

الاقناع في حل ألفاظ أبى شجاع ـ – (1 / 102)

فَرْعٌوَصْلُ الْمَرْأَةِ شَعْرَهَا بِشَعْرِ نَجِسٍ أَوْ بِشَعْرِ آدَمِيٍّ حَرَامٌ قَطْعًا

Terjemah; menyambung rambut wanita dengan menggunakan rambut manusia hukumnya haram secara pasti (secara qoth’iy)

أسنى المطالب في شرح روض الطالب (2/ 41)

(فَلَوْ بَاعَ الْعِنَبَ مِمَّنْ يَتَّخِذُهُ خَمْرًا) بِأَنْ يَعْلَمَ أَوْ يَظُنَّ مِنْهُ ذَلِكَ (أَوْ الْأَمْرَدَ مِنْ مَعْرُوفٍ بِالْفُجُورِ) بِهِ (وَنَحْوِ ذَلِكَ) مِنْ كُلِّ تَصَرُّفٍ يُفْضِي إلَى مَعْصِيَةٍ كَبَيْعِ الرَّطْبِ مِمَّنْ يَتَّخِذُهُ نَبِيذًا وَبَيْعِ دِيكِ الْهِرَاشِ وَكَبْشِ النِّطَاحِ مِمَّنْ يُعَانِي ذَلِكَ (حَرُمَ) لِأَنَّهُ تَسَبُّبٌ إلَى مَعْصِيَةٍ

 

Terjemah: Menjual anggur kepada orang yang punya tujuan untuk menjadikannya khomer, menjual amrod (budak yang tampan untuk memuaskan nafsu), ayam jago dan domba untuk diadu dan sejenisnya, yakni setiap akad yang menuju pada kemaksiatan maka hukumnya haram karena hal tersebut menyebabkan pada kemaksiatan.

Catatan: Dari penjelasan kitab Asnal Matholib ini dapat diketahui bahwa sesuatu yang menolong/menyebabkan terjadinya kemaksiatan maka hukumnya juga haram.

HASIL KEPUTUSAN BAHTSUL MASA’IL KE II
LBM PCNU JOMBANG
Ahad, 03 Maret 2013 M / 21 Jumadil Awal 1434
Di Kantor MWC NU Ngoro Jombang

Categories: Bahtsul Masail

About Author

Write a Comment

Only registered users can comment.