IPNU-IPPNU Plandaan Jombang Sukses Dibentuk

IPNU-IPPNU Plandaan Jombang Sukses Dibentuk

NU Jombang Online,
Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur resmi dibentuk, Ahad (27/5) di Pesantren Kalimasada Plandaan.

IPNU-IPPNU di Jombang diharapkan tersebar secara merata. Hal ini terhitung sejak kepengurusan Pimpinan Cabang (PC) IPNU-IPPNU Jombang sebelumnya. Ada beberapa IPNU-IPPNU tingkat kecamatan dan desa yang berhasil dibentuk kala itu, dan kemudian dilanjutkan di periode ini.

Ditargetkan organisasi NU di kalangan pelajar itu akan berdiri di semua kecamatan juga di berbagi desa pada periode PC IPNU-IPPNU Jombang masa khidmat 2018-2020 ini.

“Hari ini tanggal 27 Mei 2018 bertempat di Pondok Pesantren Kalimasada Plandaan Jombang sejarah baru terukir. Proses kaderisasi para pejuang, pegiat dan penggerak Nahdhatul Ulama yunior dimulai melalui pembentukan IPNU dan IPPNU Kecamatan Plandaan,” kata Ketua MWCNU Plandaan KH Moh Fakhrudin.

Kiai muda yang juga Pengasuh Pesantren Kalimasada ini berharap, pendirian IPNU-IPPNU menjadi tambahan energi untuk kemajuan NU khususnya di wilayah Plandaan.

“Berharap hidup dan menghidupkan. Berharap gerak dan menggerakkan. Tentunya tetap dalam guidance, belaian, sentuhan dan kasih sayang para senior NU,” ungkapnya.

Dikatakan, Plandaan dalam kacamata umum menggunakan sudut pandang riset clifford geertz terkategori dalam tipologi “abangan”. Demografis yang menantang juga ekonomi yang belum seimbang.

“Tentunya membutuhkan effort, finansial dan energi yang cukup untuk menata sistem, pelan tapi pasti, cepat tapi selamat proses gravitasi kemanfaatan dan kemaslahatan dilaksanakan,” tuturnya.

Belakangan menurut pandangannya, berkat dorongan dan support sejumlah pihak, organisasi NU di Plandaan sudah mulai menata sistem yang baik. Sehingga kemajuan NU daripada sebelumnya kian tampak terlihat.

“NU Plandaan bangkit dan membangkitkan. Doa dan bimbingan para kiai dan sahabat seperjuangan selalu kami rindukan,” ujarnya.

Hadir dalam pembentukan IPNU-IPPNU Plandaan ini sejumlah pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) setempat dan beberapa perwakilan PC IPNU-IPPNU Jombang. (Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author