Gandeng Pemerintah Desa, KESAJ Selenggarakan Sejumlah Kegiatan Ramadlan

Gandeng Pemerintah Desa, KESAJ Selenggarakan Sejumlah Kegiatan Ramadlan

NU Jombang Online,
Keluarga Besar Santri Jombang (KESAJ) bekerja sama dengan Pemerintah Desa Pengampon, Kecamatan Kabuh, Kabupaten Jombang mengadakan kegiatan keagamaan selama Ramadlan 1439 Hijriyah mulai tanggal 7-13 Juni 2018 mendatang.

Kegiatan tersebut meliputi pelatihan ngaji Al-Qur’an bagi anak-anak, kajian fikih untuk ibu-ibu, kuliah tujuh menit pasca tarawih dan kegiatan sosial seperti bersih-bersih tempat ibadah dan fasilitas umum.

“Dalam kegiatan keagamaan ini kita berbagi tugas dengan pemerintah Desa Pengampon. Pemerintah desa menyediakan tempat menginap peserta kegiatan, mengantar peserta ke lembaga pendidikan atau fasilitator. Sedangkan KESAJ bertugas menyiapkan sumber daya manusianya,” jelas Pembina KESAJ, Ahmad Fauzi Darmawan, Sabtu (9/6).

Dalam kegiatan keagamaan ini diikuti oleh 56 santri Jombang terdiri dari putra dan putri. “Tujuan kegiatan ini yaitu membumikan ajaran Al-Qur’an di masyarakat, membimbing ibadah masyarakat dan melatih sosial bagi para santri. Kegiatan ini saling menguntungkan antara kedua belah pihak, dari KESAJ para santri bisa berlatih mengamalkan ilmunya sedangkan dari masyarakat Pengampon mendapat ilmu agama,” bebernya.

Selama kegiatan, paparnya, para santri akan hidup dan berbaur bersama masyarakat setempat. Semua kegiatan yang diadakan penduduk akan diikuti para santri terutama yang berkaitan dengan keagamaan. Namun juga ada kegiatan seperti belajar beternak dan bertani.

“Alhamdulilah kita mendapat respons yang luar biasa dari masyarakat. Masyarakat banyak yang terbantu dengan kegiatan ini. Bahkan hampir setiap hari ada warga yang mengirim makan ke posko peserta. Selain itu, anak-anak muda dan kecil sering berkunjung ke posko untuk ngobrol dan santai,” papar Fauzi.

Melihat respon masyarakat yang luar biasa itu Fauzi mengungkapkan, jika pihaknya berencana mengadakan kegiatan serupa di tahun depan dengan peserta yang lebih banyak dan kegiatan yang variatif.

“Peserta kegiatan ini berkomitmen mengulang kegiatan yang sama di tahun depan. Dengan dana mandiri dan memberikan manfaat kepada masyarakat luas,” tandasnya. (Syarif A/Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author