Dari Kalangan Siswa Hingga Usia Lanjut Ikuti Aksi Sosial Donor Darah di Jombang 

Dari Kalangan Siswa Hingga Usia Lanjut Ikuti Aksi Sosial Donor Darah di Jombang 

NU Jombang Online,
Aksi sosial donor darah dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) yang diselenggarakan panitia HSN di Jombang disambut positif oleh warga. Sejumlah kalangan yang beragam mengikuti kegiatan tersebut. Mereka diantaranya dari kalangan siswa atau remaja hingga orang tua yang sudah berusia lanjut.

img_20161020_150456Bertempat di hadapan Masjid Baitul Mukminin, alun-alun Jombang secara bergantian warga di kota santri ini berdatangan dan mengisi daftar registrasi donor darah yang sudah disediakan panitia sebelum melakukan donor darah.

Setelahnya, setiap mereka dilakukan cek darah oleh tim Palang Merah Indonesia (PMI) Jombang, dan ketika dipastikan darah normal dan mencapai ketentuan atau target untuk donor, masing-masing mereka dipersilahkan duduk berjejer di tempat yang disediakan untuk dilakukan pendonoran oleh tim PMI yang lain.

Koordinator pelaksana donor darah, Maghfuri Ridhwan, mengungkapkan selama kegiatan berlangsung berjalan sesuai rencana. Jumlah pendaftarpun terbilang cukup banyak.

“Alhamdulillah, acaranya berjalan lancar, total pendaftar 70 orang, jumlah pendonor yang layak donor sebanyak 51 orang, diantaranya Golongan darah A : 6, B : 14, O : 28 & AB : 3,” jelasnya, Kamis (20/10/2016).

Ia berharap kegiatan tersebut benar-benar memberikan nilai manfaat terhadap masyarakat, khususnya yang membutuhkan darah melalui PMI. “Mudah-mudahan semuanya manfaat,” harap dia.

Di sela-sela kegiatan aksi sosial itu, beberapa Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat ikut berpartisipasi. Tampak hadir juga beberapa badan otonom (Banom) NU, seperti Fatayat NU, Gerakan Pemuda (GP) Ansor, IPNU (Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama) dan organisasi kemahasiswaan PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia). (Rz/Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author