Banser Mojoagung Jombang Ikut Andil Dalam Pengawasan Siswa

Banser Mojoagung Jombang Ikut Andil Dalam Pengawasan Siswa

NU Jombang  Online,
Dalam perkembangannya, pean Banser Ansor Serbaguna (Banser) kian meningkat, hingga juga merambah dalam pengambilan peran penting di dunia pendidikan. 40 -banser fixSeperti halnya sejumlah Banser Kecamatan Mojoagung, Kabupaten Jombang, Jawa Timur yang juga ikut andil dalam pengawasan siswa di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Unggulan Nahdlatul Ulama (NU) setempat.

Keikut sertaan dalam peran penting tersebut, ditandai dengan penyerahan MoU atar kedua belah pihak (Ketua PAC GP Ansor Mojoagung Zahidi dan Kepala Sekolah) yang disaksikan Ketua Pimpinan Cabang (PC) GP Ansor Jombang H Zulfikar Damam Ikhwanto dalam sepekan ini.

Zahidi mengungkapkan bahwa Banser dan SMK NU sudah semestinya menjalin kerjasama yang baik dalam membesarkan NU di dunia pendidikan. Termasuk bimbingan atau pengawasan terhadap siswa dalam setiap tindak yang dinilai tidak baik, misalnya bolos saat jam sekolah berlangsung tanpa ada keterangan yang jelas.

Dengan MoU itu, dimanapun anggota Banser bekerja, jika melihat siswa SMK NU keluyuran saat jam sekolah, diminta untuk menanyai dan mencatat identitasnya kemudian melaporkan ke sekolah. “Banser dan siswa SMK NU ini sama-sama dalam naungan NU. Jadi pasti kita amankan,” kata Zahidi. Rabu (27/7/2016).

MoU ini sebagai rangsangan, bentuk kepedulian terhadap madrasah/ institusi pendidikan dan komitmen untuk bersama-sama membangun dan membina anak muda generasi bangsa ini menjadi generasi yang berintegritas baik dan berprestasi atas potensi yang dimiliki.

Sementara itu secara terpisah, H Zulfikar mengimbau agar peran tersebut juga bisa diterapkan di luar jam pelajaran, mengingat saat ini banyak anak muda yang salah dalam pergaulan sehingga terjerumus pada pergaulan bebas (free sex) atau pengaruh miras dan narkoba.

“Saya pikir pengawasan kepada peserta didik atau siswa siswi ini tidak hanya di lingkungan sekolah saja, perkembangan di luar sekolah juga harus menjadi perhatian,” ujarnya.

Namun demikian H Zulfikar sangat mengapresiasi terhadap pengambilan peran tersebut. Ia berharap bisa demikian itu dapat dicontoh Banser dan Ansor yang lain. ’’Sinergi ini penuh kemanfaatan dan kemaslahatan bagi Ansor maupun SMK NU. Mudah-mudahan bisa ditiru yang lain,’’ ucapnya. (Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author