Banser Bisa Lebih dari Sekedar Pengamanan

Banser Bisa Lebih dari Sekedar Pengamanan

NU Jombang Online,
Barisan Ansor Serbaguna (Banser) di Jombang, Jawa Timur mulai meningkatkan kompetensinya. Peran Banser yang sebelumnya kebanyakan orang menganggap hanya sebagai pengamanan saat diselenggarakannya acara, belakangan ini mereka menunjukkan sejumlah kemampuan yang dimiliki di luar anggapan tersebut.

Seperti yang dilakukan anggota Banser di Kecamatan Kesamben, Jombang. Sejumlah Banser mengisi acara haul Mbah Khasbulloh sesepuh Dusun Jombatan 3, Kesamben dengan seni hadrah. Mereka menabuh terbang dengan begitu bagusnya di hadapan warga yang hadir, Rabu (9/5).

Seni hadrah oleh Banser Kesamben itu tampak lebih meriah sebab bersinergi dengan Ishari Nahdlatul Ulama (NU) se-Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kesamben.

’’Semoga dalam pelaksanaannya ini bisa membuahkan program yang benar-benar menyentuh masyarakat banyak dan khususnya warga NU. Selain itu juga bisa menjadi percontohan ke sahabat – sahabat banser yang lain,” kata Ketua Satkoryon Kesamben Dzikrulloh.

Pada kesempatan yang sama, Ketua PAC Ishari NU, Khabibur Rohman menuturkan, ke depan seni hadrah oleh Ishari NU akan selalu berada di tengah masyarakat terlebih saat kegiatan-kegiatan NU.

“Ishari NU saat ini masuk dalam badan otonomi NU Jamiah Thoriqoh Alumutabaroh Annah Biyah, merupakan seni yang bernafaskan Islam dan tidak bertentangan dengan ketentuan
syariat Agama Islam,” ujarnya. (Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author