Banser Bakal Hadang MTA

NU Jombang Online,
Kaum muda NU tampaknya cukup gerah dengan ulah Majelis Tafsir Alquran (MTA) yang melaporkan KH Marzuki Mustamar ke Bareskrim Mabes Polri dengan tuduhan menebar fitnah dan melakukan pencemaran nama baik saat ceramah di Pondok Pesantren Bahrul Ulum (PPBU) Tambakberas. Apalagi itu menyebabkan salah satu pengasuh PPDU Gus Irfan Soleh ikut diperiksa dan terancam ikut dijerat karena dianggap memfasilitasi pengajian yang menyudutkan pihak lain. ’’Jangankan dipenjara, matipun kita siap mbelani kiai,’’ kata H Basyarudin Saleh, penasehat Banser Jombang yang juga wakil ketua GP Ansor Pusat, saat ditemui di Bandarkedungmlyo, kemarin.

Menurutnya, ulah MTA itu tidak semata-mata ranah hukum. ’’Bisa jadi ini bagian strategi mereka untuk melebarkan sayap,’’ tegasnya. Sebab menurutnya, selama ini MTA sudah gencar menyebarkan pandangan yang bersebrangan dengan NU. Utamanya melalui radio dan media dakwa lainnya yang mereka miliki. Namun selama ini, upaya itu tak membuahkan hasil maksimal karena selalu dihambat oleh para kiai NU sebagaimana yang dilakukan Kiai Marzuki Mustamar tersebut. ’’Dengan tidak adanya kiai-kiai seperti Kiai Marzuki itu, praktis nantinya gerakan MTA akan lebih mudah. Makanya mereka mencoba menyingkirkan kiai-kiai itu dengan memanfaatkan celah hukum,’’ tegasnya.

Itulah sebabnya, Basyarudin meminta agar seluruh anggota Banser men-hadang keberadaan MTA di Jombang. ’’Gerakan MTA di Jombang selama ini tidak terlihat, tapi saya yakin pasti ada. Makanya saya meminta seluruh anggota Banser mencarinya. Jika ditemukan dan menyebarkan ajaran yang meresahkan, langsung amankan dan bawa ke polisi,’’ tegasnya.

Dia pun meminta agar polisi tidak menari ditengah genderang yang ditabuh MTA. ’’Pengalaman di Blora Jawa Tengah, lalu Magetan, dan Ngawi, aktivitas pengajian MTA selalu memicu bentrokan dengan warga sekitar karena isinya selalu menjelek-jelekkan warga NU yang mayoritas. Kita tidak mau Jombang yang aman ikut menjadi seperti itu. Tapi kalau polisi menghendaki lain, kita persilahkan,’’ tegasnya memungkasi pembicaraan. (ra)

Leave a Reply