Bangun Musholla, Warga Tunggorono Undang LFNU untuk Ukur Arah Qiblat

Bangun Musholla, Warga Tunggorono Undang LFNU untuk Ukur Arah Qiblat

NU Jombang Online,
Warga Perumahan Dayu Indah Desa Tunggorono, Kecamatan Jombang, Kabupaten Jombang datangkan tim dari Pengurus Cabang (PC) Lembaga Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) Jombang. Warga mengundangnya untuk perihal pengukuran arah qiblat dari musholla yang hendak mereka bangun di area perumahan tersebut. Minggu (15/4).

Ketua PC LFNU Jombang Mujazun mengungkapkan, kondisi tersebut merupakan wujud dari meningkatnya kesadaran warga dalam membangun kesempurnaan ibadahnya.

“Kesadaran warga nahdliyin terhadap kebutuhan penyempurnaan ibadah sudah semakin baik. Mereka memohon kepada PC LFNU Jombang untuk mengukur arah qiblatnya,” ungkapnya.

Mujazun berharap kepada masyarakat yang hendak membangun musholla atau masjid agar tidak sembarangan mengkurur arah qiblatnya. Terlebih saat ini sudah ada sejumlah alat pengukur arah qiblat yang dimiliki oleh para ahli di bidang ini (profesional). Ketepatan menentukan arah qiblat menurutnya juga menentukan kesempurnaan ibadah yang mereka lakukan.

“Harapan kami segenap PC LFNU Jombang kepda masyarakat khususnya warga nahdliyin untuk melakukan pengukuran jika hendak membangun masjid atau musholla agar kesempurnaan ibadah bisa tercapai,” katanya.

Ia memaparkan pembangunan musholla dilakukan karena masjid yang berada di wilayah Perumahan Dayu Indah ini berjarak cukup jauh, sehingga untuk memenuhi sarana ibadah di lingkungan tersebut salah seorang warga sekitar Abdul Aziz mewakafkan tanah 2 kavling untuk pembangunan musholla ini.

“Dan rencannya musholla ini juga akan diwakafkan untuk jam’iyah Nahdlatul Ulama,” terangnya.

Hadir dalam kesempatan ini, Ketua Ranting NU Tunggorono, Syuriah MWCNU Jombang, dan waqif (orang yang mewaqofkan tanahnya) dan beberapa tim PC LFNU Jombang. (Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author