Ada Paket Wisata Religi di Perkemahan Ma’arif

Jombang, NU Jombang Online
Bulan Juni nanti, diselenggarakan Perkemahan Wirakarya Maarif Nasional (Perwimanas) di Jombang. Di antara yang cukup membedakan dengan perkemahan yang lain adalah disediakannya armada yang akan mengantarkan peserta ke sejumlah makam para wali.

Kepastian ini disampaikan Ketua Pengurus Cabang LP Ma’arif NU Jombang saat ditanya kesiapan pelaksanaan Perwimanas. “Setiap hahi akan disediakan lima bus berukuran besar untuk mengantarkan peserta ke sejumlah situr bersejarah,” kata KH Salmanuddin kepada NU Online (28/3).

Gus Salaman, sapaan kesehariannya menandaskan lokasi tujuan wisata religi ini antara lain meliputi wilayah Jombang dan Mojokerto. Untuk dua kota ini ada sejumlah pesarean yang dapat dikunjungi. Untuk Jombang ada pemakaman di Pesantren Tebuireng. Seperti diketahui di area pemakan pesantren itu ada KH Hasyim Asy’ari, KH Wahid Hasyim serta KH Abdurrahman Wahid atas Gus Dur beserta keluarga besarnya. Demikian juga di Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif Denanyar ada KH Bisri Sansuri yang juga mantan Rais Aam PBNU. “Di Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas ada pemakaman KH Abdul Wahab Hasbullah atau Mbah Wahab,” terangnya.

Para peserta khususnya dari daerah luar Jawa mendapat prioritas untuk mendapatkan paket wisata religi ini secara gratis. Selain tiga makam tersebut juga ada Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan, tempat bersemayamnya KH Romli yang juga pemimpin tariqat di Jombang.

Tidak berhenti sampai di situ, ada juga Makam Sayyid Sulaiman di wilayah Betek Mojoagung. Sedangkan untuk Mojokerto ada Syeikh Jumadil Kubro.

Ziarah ke makam lima wali juga diberikan untuk para peserta. “Kita berharap usai acara perkemahan, para peserta tidak semata mendapatkan materi kepanduan, juga dapat memperkokoh komitmen pada ajaran Aswaja ala NU,” tandas Pengasuh Pondok Pesantren Babussalam Kalibening Mojoagung ini.

Perkemahan Perwimanas akan berlangsung pada 24-29/6 di Bumi Perkemahan Babussalam Mojoagung Jombang dengan peserta sekitar empat ribu. Sejumlah kegiatan telah disiapkan demi suksesnya kegiatan ini. (saif)

Leave a Reply