800 Santri Al-Urwatul Wutsqo Semarakkan Nusantara Mengaji

800 Santri Al-Urwatul Wutsqo Semarakkan Nusantara Mengaji

NU Jombang Online,
Sejak Sabtu hingga Minggu (7-8/5/2016), gerakan Nusantara Mengaji terdengar berkumandang di banyak penjuru seluruh Nusantara. Gerakan yang telah disosialisasikan sejak hampir sebulan yang lalu dengan 300.000 khataman al Qur’an ini mempunyai tagline : “Untuk Keselamatan, kesejahteraan dan Keberkahan Bangsa” mendapat antusias tinggi dari masyarakat.

IMG-20160510-WA0001Kegiatan ini secara serentak dibuka oleh H A Muhaimin Iskandar selaku Inisiator Nusantara Mengaji dan diikuti dengan pembacaan al Qur’an di seluruh Indonesia yang telah bergabung dan mendapat bagian juz melalui sistem online. Selain itu, majlis dengan pembagian juz secara offline juga diadakan di beberapa pondok pesantren, salah satunya adalah Pondok Pesantren al Urwatul Wutsqo Jombang.

Kegiatan yang dibuka oleh KH M Qoyim Ya’qub selaku pengasuh Pondok Pesantren al Urwatul Wutsqo, pada Sabtu (7/5) di masjid pesantren diikuti oleh seluruh santri yang berjumlah kurang lebih dari 800 santri dengan total 250 khataman al Qur’an. Sebelum membuka kegiatan Nusantara Mengaji secara simbolis, ia mengungkapkan, bahwa kegiatan ini untuk menjadikan negara, pemimpin dan seluruh rakyatnya diberkahi dan sukses dunia akhirat. “Besok penutupan sama makan daging kambing ya, alhamdullillah perbaikan gizi,” terangnya di akhir pembukaan, Sabtu malam.

Sri Romadhona Nur Cholifah (22), salah satu santri putri menyampaikan kesannya pada Nusantara Mengaji yakni ia merasa bahagia sebab dapat merasakan barokah dan ketenangan dari mengaji. “Semoga semangat mengaji bukan hanya ketika ada even Nusantara Mengaji saja,” terangnya. Sambil menyiapkan makanan spesial untuk santri, ia menambahkan bahwa acara ini sangatlah bagus sebab seluruh masyarakat secara serentak berdoa untuk kemaslahatan bangsa, (08/05).

Kegiatan Nusantara Mengaji diharapkan dapat memberikan ruh kepedulian terhadap negara yang berkelanjutan melalui ikhtiar dan doa bersama seperti yang dilakukan oleh pahlawan dan ulama’ yang telah mendahului kita. (Exma/Rif/Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author