Siswa MAN Taras Dilatih Menjadi Pribadi Unggul dan Berbakat

Siswa MAN Taras Dilatih Menjadi Pribadi Unggul dan Berbakat

NU Jombang Online,
Dalam perayaan hari ulang tahun (HUT) Madrasah Aliyah Negeri Tambakberas (MAN Taras) Kabupaten Jombang, Jawa Timur ke-47 tahun, para siswa dilatih menjadi pribadi yang unggul dan berbakat dalam segala bidang. IMG-20160219-WA0001Hal ini tercermin dalam sejumlah kegiatan yang diadakan panitia HUT MAN Taras ini, mulai dari ajang kompetisi tingkat Jawa Timur, pelatihan-pelatihan dan beberapa agenda yang lain.

Ketua Panitia HUT MAN Taras, Efendi mengungkapkan, dengan beranikaragamnya kegiatan yang telah disiapkan penyelenggara, maka akan muncul kemampuan siswa-siswi yang lebih fareatif, kreatif dan kompetitif. Dengan demikian ia berharap kepada anak didiknya agar mengikutinya dengan sungguh-sungguh.

“Dengan adanya acara ini siswa akan lebih kreatif, kompetitif dan sosialis sebagai pribadi. Dan ketika mereka sudah terjun di masyarakat, mereka sudah terbiasa dan tidak canggung jika ingin mengadakan acara besar. Dan sebagai bentuk pembelajaran dalam hal manajemen. Itu juga berlaku untuk guru. Yah setidaknya setelah ini semoga apapun yang ada di MAN kami tercinta ini menjadi lebih baik,” katanya kepada NU Jombang Online, saat ditemui di sekolahan, Rabu (17/2).

Sementara bentuk kegiatannya, di hari pertama diadakan seminar motivasi, donor darah, bazar dan sarasehan budaya, termasuk budaya tulis menulis. Sebagai pembicara di sarasehan ini, pihaknya mendatangkan penulis asal Yogyakarta, Darmini serta Ginanjar. Dan pesertanya khusus untuk siswa dan siswi jurusan bahasa.

“Diharapkan nanti setelah dari sarasehan ini anak-anak akan lebih menguasai dalam dunia kepenulisan. Soalnya ketika acara anak-anak langsung dites dan dipilih siapa saja yang memang benar-benar memiliki bakat menulis, dan setelah itu (red:sarasehan budaya), mereka dibimbing hingga mampu menciptakan karya sendiri berupa buku,” papar salah satu guru sastra bahasa Indonesia.

Sedangkan di hari kedua, pembukaan acara HUT MAN Taras tersebut baru digelar. Pada pembukaan ini dihadiri oleh segenap guru, karyawan dan seluruh peserta lomba atau kompetisi, pelatihan, dan dibuka oleh Ketua Majelis Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambakberas, yaitu KH Hasib Wahab.

Selain pembukaan, pada hari kedua ini juga dilangsungkan beberapa lomba, di antaranya kreatifitas siswa di bidang akademik, festival banjari se-Jawa Timur dan oimpiade sains tingkat SMP/MTs. “Berkompetisi sekali, soalnya kan ada olimpiadenya juga. Terus ada bazar juga, yah setidaknya bisa melatih kita untuk berwira usaha juga. Sama Pensi (Pentas Seni), di situ mampu melatih teman-teman untuk lebih kreatif lagi,” tutur Zakiya, siswa kelas XI jurusan IPA. (Yuli M. Bariroh/Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author