6 Mei 2018, Ansor Jombang Gelar Konfercab, Begini Persiapannya

6 Mei 2018, Ansor Jombang Gelar Konfercab, Begini Persiapannya

NU Jombang Online,
Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Jombang, Jawa Timur selenggarakan konferensi cabang (Konfercab) pada 6 Mei 2018 mendatang di Pondok Pesantren Darul Ulum Peterongan Jombang.

Sejak beberapa waktu terakhir ini sejumlah pengurus Ansor sudah menyiapkan segala sesuatunya. Termasuk strategi untuk melahirkan pemimpin yang memiliki seperti halnya sifat kepemimpinan Nabi Muhammad SAW.

“Segala aturan kita buat agar mendapatkan Pimpinan PC GP Ansor Jombang masa Khidmat 2018-2021 yang shidiq, amanah, tabligh dan fatonah,” kata Ketua Pelaksana Konfercab Abd Hamid Hamdah, Minggu (15/4).

Dengan peraturan yang dibuat, lanjut dia, diharapkan forum musyawarah tertinggi di tingkat cabang ini menjadi percontohan untuk kader Ansor di daerah-daerah yang lain. Tak terkecuali menjadi percontohan pula pada setiap momentum pemilihan kepemimpinan di level pemerintahan.

“Serta mampu menjadi percontohan bagi organisasi-organisasi yang lain atau percontohan untuk pemilihan kepala desa, kepala daerah, pemilihan anggota dewan bahkan pemilihan presiden,” lanjutnya.

Berikut peraturan yang sudah disepakati bersama:

1. Panitia membentuk seksi pengawas Konfercab PC GP Ansor Jombang

2. Semua panitia dan seksi pengawas Konfercab harus dibaiat agar senantiasa jujur dan tidak berpihak pada salah satu calon.

3. Semua kader potensial Ansor harus didorong untuk maju mencalonkan diri sebagai ketua Ansor masa khidmat 2018-2021 agar kaderisasi di PC GP Ansor Jombang bisa berjalan dengan baik, tanpa lagi khawatir memikirkan soal pendanaan untuk bisa mencalonkan sebagai ketua Ansor karena pada prinsipnya semua kader mempunyai hak yang sama untuk dipilih.

4. Bakal Calon yang mendaftar sebagai calon ketua harus dibaiat agar tidak culas atau tidak memberikan iming-iming, janji-janji berupa barang maupun materi, atau memberi langsung barang atau uang baik calon itu sendiri maupun melalui orang lain, jika melanggar maka calon tersebut kan didiskualifikasi sebagai bakal calon ketua Ansor Jombang meskipun yang bersangkutan mendapat dukungan mayoritas suara.

Terkait hal ini bisa berdasarkan dari laporan seksi pengawas Konfercab atau ranting/PAC pemilik hak suara yang diberi barang atau janji-janji itu sendiri dengan dikuatkan oleh dua orang saksi dibawah sumpah.

5. Calon ketua PC GP Ansor Jombang juga harus bersedia dibaiat/berjanji bahwa jika terpilih menjadi ketua PC GP Ansor Jombang akan menjalankan organisasi dengan penuh keujujuran, transparansi, amanah dan penuh tanggungjawab dan tidak akan pernah berniat menggunakan Ansor sebagai alat pemenuhan untuk kepentingan pribadi.

6. Akomodasi, transportasi dan konsumsi peserta Konfercab disediakan oleh panitia dengan azas manfaat, barokah dan tidak berlebihan.

7. Semua peserta yang punya hak suara dalam Konfercab akan dikarantina, tidak boleh ada yang keluar dari arena Konfercab dan dilarang dikunjungi siapapun kecuali atas izin ketua panitia dan pengawas Konfercab.

8. Kampanye dan sosialisasi calon ketua PC GP Ansor akan dilaksanakan di 4 zona wilayah yang waktunya akan diatur oleh panitia.

9. Penyampaian visi dan misi serta debat kandidat ketua Ansor akan dilaksakan pada saat Konfercab dengan dipandu dari pengurus wilayah.

10. Agar keinginan dan cita-cita ini bisa diwujudkan, maka pendanaan kegiatan Konfercab Ansor 2018 ini menjadi tanggungjawab semua warga Ansor dari tingkat ranting hingga cabang khususnya, dan secara umum semua warga NU Jombang.

11. Peraturan ini ditetapkan dan hanya bisa dirubah oleh pleno rapat panitia Konfercab PC GP Ansor Jombang. (Syamsul Arifin)

Categories: Berita Utama

About Author